LEMBAR KERJA SISWA
MATERI POKOK
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
KELAS / SEMESTER
WAKTU
|
:
:
:
:
:
:
|
PROSES, HASIL
DAN PENERAPAN PEWARISAN SIFAT
2. Memahami
kelangsungan hidup makhluk hidup
2.3
Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya.
IX / 2
…………… Jam
pelajaran.
|
RINGKASAN MATERI
Dalam salah satu percobaannya Mendel menyilangkan tumbuhan kapri
berbiji halus dengan kapri berbiji kisut. Biji-biji hasil persilangan itu
ditanam dan menghasilkan banyak tumbuhan yang semuanya berbiji halus. Kemudian
biji-biji halus ditanam dan hasilnya disilangkan lagi sesamanya. Hasil
persilangan kedua ditanam lagi ternyata menghasilkan 5.474 tumbuhan berbiji
halus dan 1.850 tumbuhan berbiji kisut. Jika dibandingkan, tumbuhan biji halus
: tumbuhan biji kisut adalah 5.474 : 1.850 atau rata-rata = 3 : 1. Kemudian
persilangan tersebut dianalisis sebagai berikut :
- Tumbuhan pertama yang disilangkan
disebut Induk/Parental (P)
- Induk biji halus disilangkan
dengan induk biji kisut menghasilkan keturunan pertama, disebut Filial I
(F1) semua biji yang dihasilkan yaitu biji halus.
- Persilangan antara sesama F1 menghasilkan
keturunan kedua (F2) menghasilkan tumbuhan biji halus dan tumbuhan biji
kisut dengan perbandingan halus : kisut = 3 : 1
Oleh karena keturunan pertama merupakan tumbuhan biji halus maka
sifat halus dominan sedangkan sifat kisut resesif. Pada peristiwa pembentukan
gamet, gen yang merupakan pasangannya memisah secara bebas. Setiap sel gamet
akan memperoleh satu gen dari pasangan tersebut. Pada saat pembuahan, gen dari
gamet jantan akan berpasangan dengan gen dari gamet betina. Peristiwa
pembentukan gamet tersebut disebut sebagai Hukum Mendel I atau Prinsip
Segregasi Bebas (Hukum Pemisahan Gen Secara Bebas).
Tabel hasil
persilangan Kapri menurut Mendel :
Sifat
Induk (P)
|
F1
|
Banyaknya
tumbuhan F2
|
Halus >< kisut
|
Halus
semua
|
5.474
halus : 1.850
kisut
|
Kuning >< hijau
|
Kuning
semua
|
6.022
kuning : 2.001
hijau
|
Merah >< putih
|
Merah
semua
|
705
merah : 224 putih
|
Tinggi >< pendek
|
Tinggi
semua
|
787
tinggi : 277
pendek
|
Setelah Mendel
melakukan percobaan berulang-ulang, maka disusunlah kesimpulan :
- Setiap sifat pada organisme
dikendalikan oleh satu pasang faktor keturunan, yaitu dari induk jantan
dan induk betina.
- Setiap pasangan faktor keturunan
menunjukkan bentuk alternatif sesamanya. Kedua bentuk alternatif ini
disebut alel.
- Jika pasangan faktor itu terdapat
bersama-sama dalam satu tanaman, faktor dominan akan menutup faktor
resesif.
- Pada waktu pembentukan gamet,
pasangan faktor atau tiap-tiap alel akan memisah secara bebas (Hukum
Mendel I)
- Individu galur murni mempunyai
pasangan sifat (alel) yang sama, yaitu dominan saja atau resesif saja.
315 tumbuhan
menghasilkan biji halus kuning
101 tumbuhan
menghasilkan biji kisut kuning
108 tumbuhan
menghasilkan biji halus hijau
32 tumbuhan menghasilkan biji
kisut hijau
Jika
diperhatikan angka-angka tersebut menunjukkan perbandingan yaitu halus kuning :
kisut kuning : halus hijau : kisut hijau = 9 : 3 : 3 : 1.
Dari persilangan itu Mendel menyimpulkan bahwa penurunan sifat
bentuk biji tidak tergantung dari penurunan sifat warna biji. Penggabungan gen
terjadi secara acak dan bebas. Gen-gen dapat berpasangan membentuk kombinasi
yang beragam. Hal ini merupakan Hukum Mendel II atau Hukum
Pengelompokan Gen secara Bebas, yaitu : “ Jika dua individu
berbeda satu dengan yang lain dalam dua pasang sifat atau lebih, maka
diturunkannya sifat yang sepasang tak tergantung dari pasangan sifat yang lain
“.
Jumlah dan macam kemungkinan genotip dan fenotip pada F2 sebagai
berikut :
Jumlah
sifat beda
|
Jumlah
macam gamet
|
Jumlah
macam
genotip
F2
|
Jumlah
macam
fenotip
F2
|
1
|
21
|
31
|
21
|
2
|
22
|
32
|
22
|
3
|
23
|
33
|
23
|
n
|
2n
|
3n
|
2n
|
Hasil persilangan pada percobaan Mendel terjadi pada kehidupan
sehari-hari, seperti munculnya sifat dominan dan resesif pada keluarga,
munculnya sifat intermediet, sifat-sifat yang diwariskan pada persilangan
monohibrid dan dihibrid. Pada manusia misalnya, sifat dominan akan selalu
tampak pada keturunan berikutnya sebaliknya sifat resesif dapat tampak atau
tidak tampak pada keturunan berikutnya. Jadi jika ada sifat muncul pada
generasi berikutnya belum tentu sifat itu dominan.
Beberapa contoh gen dominan adalah :
-
polidaktili
-
rambut ikal
-
lesung pipi
-
lekuk di dagu
-
tumbuhnya rambut tebal di dada
dan lengan
-
kemampuan membengkokkan ibu
jari
-
bentuk runcing dari area
tumbuhnya rambut di dahi (widow’s peak)
-
kemampuan menggulung ujung
lidah
Beberapa contoh gen resesif adalah :
-
albino
-
mata biru
-
daun telinga tumbuh menempel
-
rambut lurus
Pada saat ini persilangan dilakukan untuk memperoleh bibit
unggul. Di bidang pertanian dan
peternakan, antara lain bibit unggul pada ayam, domba, sapi, ikan, padi,
jagung, kedelai, tebu, pepaya, dan tomat. Melalui perrsilangan manusia
menyatukan sifat-sifat ungghul yang ada di alam dengan jenis-jenis yang
dibudidayakan. Di bidang kesehatan, genetika dikembangkan untuk mendiagnosis
penyakit, mencegah timbulnya penyakit menurun, dan mengobati penyakit.
Genetika molekuler sudah berkembang, para pakar melakukan rekayasa
genetika, yaitu mengubah gen makhluk hidup dengan melakukan rekombinasi
DNA. Rekombinasi adalah menyambung DNA dari satu individu ke individu
lainnya yang sejenis atau berbeda jenis. Contoh apliasi rekombinasi DNA ialah
pada produksi insulin.
Di alam tersedia sifat unggul dari tumbuhan liar, misalnya mampu
menambat nitrogen dari udara dan menghasilkan insektisida
sehingga tahan terhadap serangan serangga. Jika gen itu bisa diambil dan
dimasukkan ke dalam tanaman budi daya, akan muncul tanaman budi daya yang dapat
memupuk dirinya sendiri dan tahan serangan serangga. Dengan demikian petani
akan untung dan lingkungan tidak tercemar.
KEGIATAN 1
PERSILANGAN DENGAN SATU SIFAT BEDA DOMINANSI PENUH
- TUJUAN : Memahami persilangan dengan satu sifat
beda dominansi penuh.
- ALAT DAN BAHAN :
1. Buku Biologi kelas IX tentang pewarisan sifat.
- URUTAN KEGIATAN :
- Pahamilah ringkasan
materi/rangkuman materi pada LKS Biologi kelas IX dan buku Biologi kelas
IX atau buku yang relevan tentang Pewarisan sifat.
- Diskusikan bersama kelompokmu
diagram persilangan di bawah ini !
- LENGKAPILAH !
DIAGRAM PERSILANGAN
P : Tanaman kapri batang tinggi >< Tanaman
kapri batang pendek
Genotip : TT >< tt
Gamet : T dan …… t dan ……
(sel kelamin)
F1 : Tanaman kapri batang tinggi
(Keturunan I)
Genotip : ………………………………..
Selanjutnya menyilangkan sesama F1
untuk menghasilkan F2
F1 ><
F1 : …………………………………. >< Tanaman kapri batang tinggi
Genotip : Tt >< ………
Gamet : ……..
dan …….. ……….
dan ………
Kemungkinan kombinasi keturunan
kedua (F2) :
Sel
Kelamin
|
T
|
t
|
T
|
…..
(…………………)
|
…..
(Batang
tinggi)
|
t
|
…..
(…………………)
|
…..
(…………………)
|
- PERTANYAAN :
Dari persilangan di atas :
- Sifat fenotip manakah yang
dominan pada kedua induk pertama?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
- Tuliskan macam genotip pada F1 !
Jawab :
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
- Tuliskan macam fenotip pada F1 !
Jawab :
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
- Bagaimana pengaruh gen T terhadap
gen t jika kedua gen tersebut berpasangan ?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
- Persilangan dominansi penuh
adalah :
Jawab :
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
Dari persilangan F1 >< F1 di atas :
- Tuliskan macam genotip pada F2 !
Jawab :
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
- Tuliskan macam fenotip pada F2 !
Jawab :
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
- Bagaimana perbandingan genotip
pada F2?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
- Bagaimana perbandingan fenotip
pada F2 ?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
- Manakah individu yang homozigot
dan yang heterozigot ?
Jawab :
Individu homozigot : ………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
Individu heterozigot : ………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
PERSILANGAN DENGAN SATU SIFAT BEDA DOMINANSI TIDAK
PENUH
(INTERMEDIAT)
- TUJUAN : Memahami persilangan dengan satu sifat
beda dominansi tidak penuh.
- ALAT DAN BAHAN :
1. Buku Biologi kelas IX tentang pewarisan sifat.
- URUTAN KEGIATAN :
1.
Pahamilah ringkasan
materi/rangkuman materi pada LKS Biologi kelas IX dan buku Biologi kelas IX
atau buku yang relevan tentang Pewarisan sifat.
2.
Diskusikan bersama kelompokmu
diagram persilangan di bawah ini !
- LENGKAPILAH !
DIAGRAM PERSILANGAN
P : Bunga Pukul Empat warna merah >< Bunga
Pukul Empat warna putih
Genotip : …………. >< mm
Gamet : ……. dan …… …….. dan ……
(sel kelamin)
F1 : Bunga Pukul Empat warna merah muda
(Keturunan I)
Genotip : ………………………………..
Selanjutnya menyilangkan sesama F1
untuk menghasilkan F2
F1 ><
F1 : …………………………………. >< Bunga Pukul Empat
warna merah muda
Genotip : …………… >< ……………..
Gamet : ……..
dan …….. ……….
dan ………
Kemungkinan kombinasi keturunan
kedua (F2) :
Sel
Kelamin
|
M
|
m
|
M
|
…..
(…………………..)
|
…..
(Merah
muda)
|
m
|
…..
(…………………..)
|
…..
(…………………..)
|
- PERTANYAAN :
Dari persilangan di atas :
1.
Sifat fenotip manakah yang
dominan pada kedua induk pertama?
Jawab :
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
2.
Tuliskan macam genotip pada F1
!
Jawab :
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
3.
Tuliskan macam fenotip pada F1
!
Jawab :
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
4.
Bagaimana pengaruh gen M
terhadap gen m jika kedua gen tersebut berpasangan ?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.
Persilangan dominansi tidak
penuh adalah :
Jawab :
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
Dari persilangan F1 >< F1 di atas :
6.
Tuliskan macam genotip pada F2
!
Jawab :
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
7.
Tuliskan macam fenotip pada F2
!
Jawab :
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
8.
Bagaimana perbandingan genotip
pada F2?
Jawab :
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
9.
Bagaimana perbandingan fenotip
pada F2 ?
Jawab :
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
10.
Manakah individu yang homozigot
dan yang heterozigot ?
Jawab :
Individu homozigot : ……………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
Individu heterozigot : ……………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
PERSILANGAN DENGAN DUA SIFAT BEDA
(DIHIBRID)
- TUJUAN : Memahami persilangan dengan dua sifat
beda.
- ALAT DAN BAHAN :
1. Buku Biologi kelas IX tentang pewarisan sifat.
- URUTAN KEGIATAN :
- Pahamilah ringkasan
materi/rangkuman materi pada LKS Biologi kelas IX dan buku Biologi kelas
IX atau buku yang relevan tentang Pewarisan sifat.
- Diskusikan bersama kelompokmu
diagram persilangan di bawah ini !
- LENGKAPILAH !
DIAGRAM PERSILANGAN
P : Tanaman
kapri biji halus, warna kuning>< Tanaman kapri biji kisut, warna hijau
Genotip : HHKK >< hhkk
Gamet : HK
hk
(sel kelamin)
F1 : Tanaman kapri biji halus, warna
kuning
(Keturunan I)
Genotip : ………………………………..
Selanjutnya menyilangkan sesama F1
untuk menghasilkan F2
F1 ><
F1 :…………………………………. ><Tanaman kapri biji halus, warna
kuning
Genotip : ……………….. >< ……………………
Gamet : …….. , ………. ,
……..
, ……….
,
……..
, ……….
,
……..
……….
Kemungkinan kombinasi keturunan
kedua (F2) :
Sel
Kelamin
|
HK
|
hK
|
Hk
|
hk
|
HK
|
….. 1
(…………………)
|
….. 2
(…………………)
|
….. 3
(……………)
|
….. 4
(……………)
|
hK
|
….. 5
(…………………)
|
….. 6
(…………………)
|
….. 7
(……………)
|
….. 8
(……………)
|
Hk
|
….. 9
(…………………)
|
….. 10
(…………………)
|
….. 11
(……………)
|
….. 12
(……………)
|
hk
|
….. 13
(…………………)
|
….. 14
(…………………)
|
….. 15
(……………)
|
….. 16
(……………)
|
- PERTANYAAN :
Dari persilangan di atas, tuliskan genotip individu :
- F2 yang berfenotip halus, kuning !
Berapakah jumlahnya ?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
- F2 yang berfenotip halus, hijau !
Berapakah jumlahnya ?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
- F2 yang berfenotip kisut, kuning !
Berapakah jumlahnya ?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
- F2 yang berfenotip kisut, hijau !
Berapakah jumlahnya ?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
- Ada berapa macam fenotip yang
terbentuk pada keturunan kedua (F2) ? Sebutkan !
Jawab :
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
- Bagaimanakah perbandingan fenotip
pada F2 ?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
- Bagaimanakah perbandingan genotip
pada F2 ?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
- Nomor berapakah yang bergenotip
homozigot ?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
- Nomor berapakah yang bergenotip
heterozigot ?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
- Nomor berapakah yang merupakan
individu homozigot dominan dan individu homozigot resesif ?
Jawab :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
SIFAT YANG SELALU MUNCUL PADA KELUARGA
(SIFAT DOMINAN DAN RESESIF)
Hasil
persilangan pada percobaan Mendel terjadi pada kehidupan sehari-hari, seperti
munculnya sifat dominan dan resesif pada keluarga, munculnya sifat intermediat,
dan sifat-sifat yang diwariskan pada persilangan monohibrid dan dihibrid.
- TUJUAN : Mendata sifat-sifat yang
selalu muncul pada keluarga
- ALAT DAN BAHAN :
1. Kertas
2. Pensil
- URUTAN KEGIATAN :
- Perhatikan sifat-sifat fisik pada
seluruh keluarga kalian, mulai dari kakek, nenek, ayah, ibu, kakak, dan
adik kalian !
- Perhatikan sifat apa yang
senantiasa muncul pada mereka dan sifat apa yang tidak muncul !
- Tulislah pada tabel sifat di bawah
dengan memberi tanda cek (√) pada kolom yang sesuai !
- TABEL HASIL PENGAMATAN :
Anggota
keluarga
Sifat-sifat
|
Kakek
|
Nenek
|
Ayah
|
Ibu
|
Kakak
|
Kamu
|
Adik
|
|
Lidah
|
Dapat
menggulug
|
|||||||
Tidak
dapat menggulung
|
||||||||
Telinga
|
Cuping
melekat
|
|||||||
Cuping
tidak melekat
|
||||||||
Pigmen
kulit
|
Normal
|
|||||||
Albino
|
||||||||
Kidal/tidak
|
Tidak
kidal
|
|||||||
Kidal
|
||||||||
Alis
|
Lebat
|
|||||||
Tidak
lebat
|
||||||||
Hidung
|
Mancung
|
|||||||
Tidak
mancung
|
||||||||
Mata
|
Sipit
|
|||||||
Tidak
sipit
|
||||||||
Kepala
|
Botak
|
|||||||
Tidak
botak
|
||||||||
Rambut
|
Lurus
|
|||||||
Tidak
lurus
|
||||||||
Pipi
|
Lesung
pipi
|
|||||||
Tidak
lesung pipi
|
- PERTANYAAN :
1. Dari data sifat yang telah kamu peroleh, sifat apa sajakah yang
selalu mucul pada keluargamu ?
Jawab :
………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………
2. Sifat manakah yang dominan dan sifat manakah yang resesif pada
anggota keluargamu?
Jawab :
………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………
3. Mengapa tidak semua sifat orang tua muncul atau diturunkan pada
anaknya ?
Jawab :
………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………
4. Sifat-sifat tersebut diturunkan dari orang tua ke anaknya melalui
:
Jawab :
………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………
5. Menurut pendapatmu, apakah rambut yang dikeriting di salon akan
diturunkan orang tua kepada
anaknya ? Mengapa ?
Jawab :
………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………
6. Buatlah kesimpulannya !
Jawab :
………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………
- TUGAS :
Kerjakan soal-soal persilangan di bawah ini !
1.
Pria berdagu belah menikah
dengan wanita tidak berdagu belah. Bila sifat berdagu belah dominan terhadap
sifat tidak berdagu belah, tentukan kemungkinan penurunan sifat genotip dan
fenotip pada keturunan F1 dan F2 !
Jawab :
P : …………………………………………
>< ………………………………………….
Genotip : ……………….
>< …………………………..
Gamet :
…………………………………………………………………………………………
F1 :
…………………………………………………………………………………………
Fenotip: …………………………………………………………………………………………
Sifat pada F1 :
Sifat fenotip : ………………….
Perbandingan fenotip : ………………….
Sifat genotip : ………………….
Perbandingan genotip : ………………….
F2 : F1 >< F2
F2 : ……………………………………. >< ……………………………………..
Genotip: ……………………………………. >< …………………………………
Gamet : ………………………………………………………
F2 :
………………………………………………………
Fenotip :
………………………………………………………
Sifat pada F2 :
Sifat fenotip : ………………………………………………
Perbandingan
fenotip : ………………………………………………
Sifat genotip : ………………………………………………
Perbandingan
genotip : ………………………………………………
2.
Bunga pukul empat berwarna
kuning disilangkan dengan bunga pukul empat berwarna putih, diperoleh F1 bunga
pukul empat berwarna kunig muda.
Tentukan :
a. Sifat fenotip yang dominan !
b. Buatlah persilangannya sampai F2 !
c. Bagaimanakah perbandingan genotip dan fenotip pada F2 ?
Jawab :
Diagram persilangan :
P : …………………………………………
>< ………………………………………….
Genotip : ……………….
>< …………………………..
Gamet :
…………………………………………………………………………………………
F1 :
…………………………………………………………………………………………
Fenotip: ……………………………………………………………………………………
Sifat pada F1 :
Sifat fenotip : ………………….
Perbandingan fenotip : ………………….
Sifat genotip : ………………….
Perbandingan genotip: ………………….
F2 : F1 >< F2
F2 : ……………………………………. >< ……………………………………..
Genotip: ……………………………………. >< …………………………………
Gamet : ………………………………………………………
F2 :
………………………………………………………
Fenotip : ………………………………………………………
Sifat pada F2 :
Sifat fenotip : ………………………………………………
Perbandingan
fenotip : ………………………………………………
Sifat genotip : ………………………………………………
Perbandingan
genotip : ………………………………………………
3.
Marmut jantan berambut hitam
berekor panjang dikawinkan dengan Marmut betina berambut coklat berekor pendek.
Tentukan kemungkinan penurunan sifat sampai pada keturunan kedua F2 !
Jawab :
Diagram persilangan :
P : …………………………………………
>< ………………………………………….
Genotip : ……………….
>< …………………………..
Gamet :
…………………………………………………………………………………………
F1 :
…………………………………………………………………………………………
Fenotip: …………………………………………………………………………………………
Sifat pada F1 :
Sifat fenotip
: ………………….
Perbandingan fenotip : ………………….
Sifat genotip :
………………….
Perbandingan genotip : ………………….
F2 : F1 >< F2
F2 : ……………………………………. >< ……………………………………..
Genotip: ……………………………………. >< …………………………………
Gamet : ………………………………………………………
Diagram papan catur :
Sel
Kelamin
|
||||
….. 1
(…………………)
|
….. 2
(………………)
|
….. 3
(………………)
|
….. 4
(……………)
|
|
….. 5
(…………………)
|
….. 6
(………………)
|
….. 7
(………………)
|
….. 8
(……………)
|
|
….. 9
(…………………)
|
….. 10
(………………)
|
….. 11
(………………)
|
….. 12
(……………)
|
|
….. 13
(…………………)
|
….. 14
(………………)
|
….. 15
(………………)
|
….. 16
(……………)
|
Sifat pada F2 :
Sifat fenotip : ………………………………………………
Perbandingan
fenotip : ………………………………………………
Sifat genotip : ………………………………………………
Perbandingan
genotip : ………………………………………………
LATIHAN SOAL
PENERAPAN PEWARISAN SIFAT
PILIHLAH SALAH
SATU JAWABAN YANG PALING BENAR !
1.
Jumlah macam gamet individu
dengan genotip AaBb adalah ….
a.
2
b.
4
c.
6
d.
8
Alasan : …………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
2.
Bunga warna coklat dominan
disilangkan dengan bunga warna putih (genotip rr) menghasilkan F1. Bila F1
disilangkan sesamanya maka perbandingan genotip F2 nya adalah ….
a.
RR : Rr : rr = 1 : 2 : 1
b.
Rr : RR : rr = 1 : 2 : 2
c.
RR : rr = 3 : 1
d.
Rr : rr = 1 : 3
Alasan : …………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
3.
Dari hasil persilangan
diperoleh keturunan 18 mangga manis besar : 7 manis kecil : 6 asam besar : 2
asam kecil. Persilangan tersebut diperoleh dari induk ….
a.
MMBB >< mmbb
b.
MmBb >< mmbb
c.
MmBb >< MmBb
d.
MMbb >< mmBB
Alasan : …………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
4.
Tikus hitam (HH) disilangkan
dengan tikus putih (hh) menghasilkan keturunan F1 abu-abu (Hh). Jika pada F2
dihasilkan 100 anak, berapa yang berwarna abu-abu ?
a.
25
b.
50
c.
75
d.
100
Alasan : …………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
5.
Penyilangan jeruk manis dengan
jeruk manis menghasilkan 301 jeruk manis dan 99 jeruk asam. Kedua induk yang
mugkin adalah ….
a.
Mm >< MM
b.
Mm >< mm
c.
MM >< mm
d.
Mm >< Mm
Alasan : …………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
6.
Ercis biji bulat disilangkan
dengan ercis biji kisut. Maka perbandingan sifat fenotipnya yang muncul adalah
….
a.
50 % bulat : 50 % kisut
b.
75 % bulat : 25 % kisut
c.
100 % kisut
d.
100 % bulat
Alasan : …………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
7.
Kelinci hitam dengan genotip Hh
dikawinkan dengan kelinci putih bergenotip hh, maka F1 pada perkawinan tersebut
adalah …
a.
Hitam : putih = 1 : 1
b.
Hitam : putih = 3 : 1
c.
putih : hitam = 3 : 1
d.
100 % hitam
Alasan : …………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
8.
Bila sapi gemuk bergenotip GG
dikawinkan dengan sapi kurus bergenotip gg, keturunannya adalah ….
a.
Gemuk, bergenotip Gg
b.
Kurus. Bergenotip Gg
c.
Gemuk, bergenotip GG
d.
Kurus bergenotip gg
Alasan : …………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
9.
Persilangan sesama F1 menghasilkan F2 dengan perbandingan genotip MM : Mm : mm
= 1 : 2 : 1. Gen M dominan terhadap gen m. Peluang mendapatkan individu
homozigot resesif adalah ….
a.
25 %
b.
50 %
c.
75 %
d.
100 %
Alasan : …………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
10. Jeruk manis dengan kulit buah keriput (MMhh) disilangkan dengan
jeruk asam berkulit buah
halus (mmHH). Genotip
keturunan F1 adalah ….
a.
MMHH
b.
MmHH
c.
MmHh
d.
mmhh
Alasan : …………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar