Selasa, 16 Oktober 2018

LKS Pelestarian Ekosistem


LEMBAR KERJA SISWA

MATERI POKOK
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR






KELAS / SEMESTER
WAKTU
:
:
:

:






:
:
Pelestarian Ekosistem
7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem
7.2 Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem
  1. Mengemukakan pentingnya membudidayakan tumbuhan/hewan langka.
  2. Membuat tulisan ( majalah dinding, “ leaflet “, artikel beserta foto/gambarnya, memperkenalkan jenis, bentuk dan manfaat tumbuhan/hewan langka yang dilindungi )
  3. Mendeskripsikan usaha-usaha yang dapat dilakukan manusia untuk pelestarian keanekaragaman hayati.
VII / 2
…….. Jam pelajaran.


RINGKASAN MATERI

            Makhluk hidup dalam ekosistem memiliki peranan yaitu menstabilka ekosistem. Semakin beragam makhluk hidup dalam ekosistem maka semakin stabil ekosistem itu. Oleh karena itu makhluk hidup yang beraneka ragam harus dilestarikan. Keanekaragaman makhluk hidup (keanekaragaman hayati) di Indonesia merupakan salah satu keanekaragaman tertinggi di dunia. Misalnya keaekaragaman hayati yang terdapat dalam hutan hujan tropis, keanekaragaman hayati dalam lautan dan anyak juga terdapat di daerah-daerah seperti daerah Ujung Kulon, Pulau Komodo, dll.
            Seiring dengan bertambahnya jumlah manusia dan meningkatnya aktivitas manusia, banyak hewan dan tumbuhan yang mulai langka dan hampir punah. Hal ini berdampak pula pada berkurangnya keanekaragaman hayati. Kelangkaan tumbuhan dan hewan tersebut disebabkan antara lain :
  1. Tingkat reproduksi yang rendah
Terjadi pada hewan yang masa kehamilannya lama dan jumlah keturunannya sedikit, misalnya gajah, badak, harimau, dll.

  1. Bencana alam
Dapat merusak ekosistem dan punahnya organisme tertentu, misalnya meletusnya Gunung Krakatau, terjadinya tsunami, dll.

  1. Aktivitas manusia
Beberapa aktivitas manusia dapat merusak ekosistem dan punahnya suatu jenis organisme, misalnya :
    1. Perburuan dan penangkapan jenis hewan tertentu yang terus menerus.
    2. Penangkapan hewan air dengan menggunakan bahan kimia, listrik, bahan peledak akan mengakibatkan kematian semua hewan air.
    3. Penebangan hutan secara liar menyebabkan rusaknya hutan dan punahnya jenis flora dan fauna hutan.
    4. Mengembangkan tumbuhan dan hewan tertentu secara besar-besaran terutama yang memiliki nilai ekonomi tinggi.
    5. Mendatangkan (introduksi) tumbuhan dan hewan tertentu dari negara lain dan mengembangkannya dapat menyebabkan berkurangnya keanekaragaman hayati karena tumbuhan dan hewan asli berkurang.

Untuk mencegah punahnya tumbuhan dan hewan tersebut, maka kita harus berupaya untuk melestarikannya. Organisme berkembang dan melangsungkan kehidupannya pada habitat tertentu. Oleh karena itu kita juga harus meletarikan habitat dan lingkungan di sekitar tumbuhan dan hewan. Berbagai cara telah dilakukan untuk melestarikan keanekaragaman hayati, antara lain :
  1. Memperkenalan atau menyosialisasikan tumbuhan dan hewan yang hampir punah dan langka kepada masyarakat.
  2. Merehabilitasi dan reboisasi lahan kritis yang dahulunya merupakan habitat yang sesuai bagi tumbuhan dan hewan langka.
      Pelestarian keanekaragaman hayati secara insitu dan exitu.
    1. Pelestarian insitu (di dalam habitat asli), yaitu melakukan pelestarian habitat atau lingkungan hidup organisme yang di dalamnya terdapat keanekaragaman hayati yang cukup tinggi dan khas. Misalnya Suaka margasatwa, Cagar alam, Taman Nasional.
    2. Pelestarian exsitu (di luar habitat asli), yaitu melakukan koleksi dan penangkaran hewan dan tumbuhan langka di luar habitat aslinya. Misalnya Kebun binatang, Kebun koleksi tumbuhan.
  1. Pengaturan pemanfaatan tumbuhan dan hewan melalui cara :
    1. Tebang pilih
    2. Perburuan hewan tertentu pada musim tertentu
    3. Peremajaan hutan
    4. Budi daya tumbuhan dam hewan langka
    5. Mendirikan pusat-pusat studi hewan dan tumbuhan langka
Untuk mendukung cara pelestarian keanekaragaman hayati di atas, maka dibentuklah kawasan pelestarian keanekaragaman hayati, antara lain :
  1. Kawasan suaka alam
Kawasan khusus untuk perlindungan dan pelestarian sumber daya alam hayati yang berada di daratan maupun perairan. Kawasan ini berupa Cagar alam dan Suaka margasatwa.
Cagar alam (CA), kawasan untuk perlindungan dan pelestarian keanekaragaman hayati beserta   lingkungan   fisiknya   yang     khas baik di daratan maupun perairan. Contoh, CA Pangandaran Jawa Barat.
Suaka margasatwa (SM), kawasan untuk perlindungan dan pelestarian jenis-jenis satwa beserta habitatnya. Contoh, SM Gunung Leuser di Aceh dan Sumatera Utara, SM Meru Betiri di Jatim, SM Pulau Komodo.

  1. Kawasan wisata
Kawasan di darat maupun di perairan yang secara khusus dibina, dipelihara, dan dimanfaatkan untuk kepentingan wisata. Kawasan ini berupa Taman wisata dan Taman Buru.Taman Wisata, memiliki keindahan dan keunikan alam sehingga dapat dimanfaatkan untuk rekreasi, pariwisata, pendidikan. Contoh, Taman Wisata Bunaken. Taman Buru, kawasan yang di dalamnya terdapat satwa yang dapat diburu.

  1. Taman Nasional (TN)
Kawasan yang bertujuan untuk melindungi flora, fauna, dan ekosistemnya. Penting untuk ilmu pengetahuan, pedidikan, kebudayaan, rekreasi dan wisata. Contoh, TN Gunung Gede-Pangrango Jabar, TN Gunung Leuser di Aceh dan Sumatera Utara, TN Tanjung Puting Kalimantan Tengah.



KEGIATAN I

HEWAN DAN TUMBUHAN LANGKA

A. TUJUAN :
1.      Mendata hewan dan tumbuhan langka di Indonesia

B. ALAT DAN BAHAN :
1.      Gambar beberapa makhluk hidup langka (dapat diperoleh dari koran, majalah, kalender, foto, internet, dll)

C. URUTAN KEGIATAN :
1.      Bacalah buku Paket Biologi kelas VII atau buku yang relevan tentang pelestarian keanekaragaman hayati.
2.      Diskusikan dan isilah tabel di bawah ini !

D. TABEL HASIL DISKUSI :
           
            I. TUMBUHAN LANGKA :

NO
NAMA
TUMBUHAN LANGKA
JENIS
MANFAAT
PENYEBARAN
1.
Kayu Hitam
(Diopyros celebica)
Pohon, dapat mencapai 40 m
Bahan bangunan, tiang jembatan, peralatan rumah tangga
Sulawesi
2.








3.








4.








5.










            II. HEWAN LANGKA :

NO
NAMA
HEWAN LANGKA
JENIS
PENYEBARAN
1.
Badak Bercula Satu
(Rhinoceros sundaicus)
Herbivora, memiliki indera penciuman yang tajam.


Ujung Kulon, Banten
2.






3.






4.






5.











E. PERTANYAAN :
1.      Tumbuhan/hewan langka artinya ………………….........................................................................
2.      Mengapa hewan/tumbuhan yang terancam punah sebaiknya tidak dipelihara oleh perorangan ?
Jawab :
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
3.      Mengapa hewan langka yang lama dipelihara oleh perseorangan sebelum dikembalikan ke habitat semula perlu direhabilitasi ?
Jawab : …………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
4.      Diskusikan, upaya apakah yang dapat dilakukan agar hewan/tumbuhan yang dilindungi tidak diperjualbelikan !
Jawab : …………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
5.      Apakah akibatnya jika hewan/tumbuhan yang dilindungi diperjualbelikan berlangsung terus menerus ?
Jawab : …………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
6.      Adakah jenis hewan/tumbuhan di sekitar kalian yang mungkin termasuk hewan langka ? Jika ada, apa yang akan kalian lakukan ?
Jawab : …………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
7.      Mengapa kita harus melestarikan dan membudidayakan hewan/tumbuhan langka ?
Jawab : …………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
8.      Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan hewan/tumbuhan dapat punah !
Jawab : …………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
9.      Buatlah simpulan dari hasil diskusi kalian !
Jawab : …………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………

 KEGIATAN II

UPAYA PELESTARIAN KEANEKARAGAMAN HAYATI

A. TUJUAN :
1.      Mempelajari upaya pelestarian keanekaragaman hayati

B. ALAT DAN BAHAN :
1.      Pernyataan tentang keanekaragaman hayati dan upaya pelestariannya

C. URUTAN KEGIATAN :
1.      Bacalah buku Paket Biologi kelas VII atau buku yang relevan tentang pelestarian keanekaragaman hayati.
2.      Pasangkanlah setiap kalimat dengan salah satu pilihan jawaban dengan cara menuliskan huruf pilihannya di depan nomor pernyataan !

D. DISKUSIKAN !

            PILIHAN :     A. Makanan
                                    B. Nilai keindahan dan keseimbangan
                                    C. Nilai kebanggan berbangsa
D. Pangan, sandang, papan
E. Nilai mental dan spiritual
F. Nilai ekonomi
G. Nilai ilmiah
H. Industri
I.   Hiburan

            PERNYATAAN :
            ....................    1. Tujuan awal pembudidayaan tumbuhan dan hewan

....................    2. Membudidayakan tumbuhan dan hewan sangat penting, karena hasilnya dapat dijadikan bahan pengolahan pabrik.

....................    3. Membudidayakan tumbuhan dan hewan sangat penting, karena dengan adanya tumbuhan dan hewan yang alami akan menghasilkan alam yang indah dan alam menjadi seimbang.

....................    4. Dalam perkembangannya tujuan pembudidayaan tumbuhan dan hewan untuk kebutuhan pokok.

....................    5. Membudidayakan tumbuhan dan hewan sangat penting, karena dengan demikian kita semakin yakin akan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.  
   
....................    6. Dalam perkembangannya tujuan pembudidayaan tumbuhan dan hewan untuk kesegaran dan rekreasi.

....................    7. Membudidayakan tumbuhan dan hewan sangat penting, karena tumbuhan dan hewan yang kita miliki berbeda dengan yang dimiliki oleh negara lain sehingga tumbuhan dan hewan kita memiliki kekhasan yang mandiri.

....................    8. Membudidayakan tumbuhan dan hewan sangat penting, karena dapat dijadikan tempat penelitian sains untuk menghasilkan sesuatu.

....................    9. Membudidayakan tumbuhan dan hewan sangat penting, karena dapat dijadikan tempat mencari kerja, diolah kayunya, menghasilkan rotan, tempat pariwisata, dsb, sehingga dapat dijadikan sumber keuangan.




E. PERTANYAAN :
  1. Apakah yang akan terjadi pada makhluk hidup dalam ekosistem jika terjadi penebangan hutan ? Jelaskan !
Jawab : …………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
  1. Tipe ekosistem di Indonesia umumnya merupakan ekosistem hutan hujan tropis. Ekosistem ini sangat kaya keragaman makhluk hidup. Menurut pendapatmu, apakah yang akan terjadi pada lingkungan di Indonesia jika perusakan hutan hujan tropis terus berlangsung !
Jawab : …………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………

  1. Berdasarkan tempat pemeliharaan untuk pelestarian hewan dan tumbuhan, bedakan antara pemeliharaan insitu dan pemeliharaan exsitu !
Jawab :
a. Pemeliharaan insitu : …………………………………………………………………………
    ………………………………………………………………………………………………..
    ………………………………………………………………………………………………..
    Contoh : ………………………………………………………………………………………

b. Pemeliharaan exsitu : ………………………………………………………………………
    ………………………………………………………………………………………………..
    ………………………………………………………………………………………………..
    Contoh : ………………………………………………………………………………………

  1. Sebutkan   3 contoh tindakan manusia yang tidak mendukung terhadap pelestarian keanekaragaman hayati !
Jawab :
a. ………………………………………………………………………………………………
b. ………………………………………………………………………………………………
c. ………………………………………………………………………………………………

  1. Sebutkan 5 usaha yang dapat kalian lakukan dalam membantu melestarikan keanekaragaman hayati !
Jawab :
a. ………………………………………………………………………………………………
b. ………………………………………………………………………………………………
c. ………………………………………………………………………………………………
      d. ………………………………………………………………………………………………
      e. ………………………………………………………………………………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar