Senin, 29 April 2013

Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera dalam Rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2013


Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera dalam Rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2013, dapat diunduh pada lampiran di bawah ini:

Sabtu, 27 April 2013

Saat Berita Kematian Dianggap angin lalu

Setiap mendengar berita kematian, kesedihan selalu mengiringi, dan lalu muncul perenungan bahwa suatu saat hal yang serupa akan sampai pada kita. Namun, sering berita duka kematian tak cukup menggetarkan hati seseorang untuk segera mengakhiri petualangan dosanya. Masih banyak yang beranggapan bahwa berita kematian adalah angin lalu, yang tak ada bedanya dengan kabar lain.

Datangnya maut menjemput sangat beranekaragam, ada yang karena sakit, kecelakaan, terseret banjir, tertimpa benda keras, tertembak, meminum racun, atau dengan cara lain. Dan kita tidak tahu lewat cara apa maut akan mendatangi kita, dan kapan waktunya.

Sebelum maut menjemput kita, perbanyaklah bekal amal baik kita, yang menolong kita kelak di alam akhirat. Sungguh beruntung orang-orang yang selalu istiqomah berada di jalam Alloh SWT dan tidak tergoda bujuk rayu kenikmatan dunia yang menipu.

Dari Abu Amr atau Abu Amrah ra; Sufyan bin Abdullah Atsaqafi r.a. berkata, Aku berkata, Wahai Rasulullah, katakanlah kepadaku dalam Islam satu perkataan yang aku tidak akan menanyakannya kepada seorangpun selain padamu. Rasulullah menjawab, “Katakanlah, saya beriman kemudian istiqamahlah.” (HR. Muslim)

Jumat, 26 April 2013

Kumpulan Puisi Karya Terbaik


PUISI KEHIDUPAN
Hari hari lewat, pelan tapi pasti
Hari ini aku menuju satu puncak tangga yang baru
Karena aku akan membuka lembaran baru
Untuk sisa jatah umurku yang baru
Daun gugur satu-satu
Semua terjadi karena ijin Allah
Umurku bertambah satu-satu
Semua terjadi karena ijin Allah
Tapi… coba aku tengok kebelakang
Ternyata aku masih banyak berhutang
Ya, berhutang pada diriku
Karena ibadahku masih pas-pasan
Kuraba dahiku
Astagfirullah, sujudku masih jauh dari khusyuk
Kutimbang keinginanku….
Hmm… masih lebih besar duniawiku
Ya Allah
Akankah aku masih bertemu tanggal dan bulan yang sama di tahun depan?
Akankah aku masih merasakan rasa ini pada tanggal dan bulan yang sama di tahun depan?
Masihkah aku diberi kesempatan?
Ya Allah….
Tetes airmataku adalah tanda kelemahanku
Rasa sedih yang mendalam adalah penyesalanku
Astagfirullah…
Jika Engkau ijinkan hamba bertemu tahun depan
Ijinkan hambaMU ini, mulai hari ini lebih khusyuk dalam ibadah…
Timbangan dunia dan akhirat hamba seimbang…
Sehingga hamba bisa sempurna sebagai khalifahMu…
Hamba sangat ingin melihat wajahMu di sana…
Hamba sangat ingin melihat senyumMu di sana…
Ya Allah,
Ijikanlah

PRAJURIT JAGA MALAM
Waktu jalan. Aku tidak tahu apa nasib waktu ?
Pemuda-pemuda yang lincah yang tua-tua keras,
bermata tajam
Mimpinya kemerdekaan bintang-bintangnya
kepastian
ada di sisiku selama menjaga daerah mati ini
Aku suka pada mereka yang berani hidup
Aku suka pada mereka yang masuk menemu malam
Malam yang berwangi mimpi, terlucut debu……
Waktu jalan. Aku tidak tahu apa nasib waktu !

AKU
Kalau sampai waktuku
‘Ku mau tak seorang kan merayu
Tidak juga kau
Tak perlu sedu sedan itu
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang
Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang
Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih peri
Dan aku akan lebih tidak perduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi

KRAWANG-BEKASI
Kami yang kini terbaring antara Krawang-Bekasi
tidak bisa teriak “Merdeka” dan angkat senjata lagi.
Tapi siapakah yang tidak lagi mendengar deru kami,
terbayang kami maju dan mendegap hati ?

Kami bicara padamu dalam hening di malam sepi
Jika dada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak
Kami mati muda. Yang tinggal tulang diliputi debu.
Kenang, kenanglah kami.

Kami sudah coba apa yang kami bisa
Tapi kerja belum selesai, belum bisa memperhitungkan arti 4-5 ribu nyawa

Kami cuma tulang-tulang berserakan
Tapi adalah kepunyaanmu
Kaulah lagi yang tentukan nilai tulang-tulang berserakan

Atau jiwa kami melayang untuk kemerdekaan kemenangan dan harapan
atau tidak untuk apa-apa,
Kami tidak tahu, kami tidak lagi bisa berkata
Kaulah sekarang yang berkata

Kami bicara padamu dalam hening di malam sepi
Jika ada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak

Kenang, kenanglah kami
Teruskan, teruskan jiwa kami
Menjaga Bung Karno
menjaga Bung Hatta
menjaga Bung Sjahrir

Kami sekarang mayat
Berikan kami arti
Berjagalah terus di garis batas pernyataan dan impian

Kenang, kenanglah kami
yang tinggal tulang-tulang diliputi debu
Beribu kami terbaring antara Krawang-Bekasi

HAMPA
kepada sri
Sepi di luar. Sepi menekan mendesak.
Lurus kaku pohonan. Tak bergerak
Sampai ke puncak. Sepi memagut,
Tak satu kuasa melepas-renggut
Segala menanti. Menanti. Menanti.
Sepi.
Tambah ini menanti jadi mencekik
Memberat-mencekung punda
Sampai binasa segala. Belum apa-apa
Udara bertuba. Setan bertempik
Ini sepi terus ada. Dan menanti

SAJAK PUTIH
Bersandar pada tari warna pelangi
Kau depanku bertudung sutra senja
Di hitam matamu kembang mawar dan melati
Harum rambutmu mengalun bergelut senda
Sepi menyanyi, malam dalam mendoa tiba
Meriak muka air kolam jiwa
Dan dalam dadaku memerdu lagu
Menarik menari seluruh aku
Hidup dari hidupku, pintu terbuka
Selama matamu bagiku menengadah
Selama kau darah mengalir dari luka
Antara kita Mati datang tidak membelah 

Kumpulan Puisi Karya Chairil Anwar

DIPONEGORO
Di masa pembangunan ini
tuan hidup kembali
Dan bara kagum menjadi api

Di depan sekali tuan menanti
Tak gentar. Lawan banyaknya seratus kali.
Pedang di kanan, keris di kiri
Berselempang semangat yang tak bisa mati.

MAJU
Ini barisan tak bergenderang-berpalu
Kepercayaan tanda menyerbu.

Sekali berarti
Sudah itu mati.

MAJU
Bagimu Negeri
Menyediakan api.

Punah di atas menghamba
Binasa di atas ditindas
Sesungguhnya jalan ajal baru tercapai
Jika hidup harus merasai

Maju
Serbu
Serang
Terjang

CINTAKU JAUH DI PULAU
Cintaku jauh di pulau,
gadis manis, sekarang iseng sendiri

Perahu melancar, bulan memancar,
di leher kukalungkan ole-ole buat si pacar.
angin membantu, laut terang, tapi terasa
aku tidak ‘kan sampai padanya.

Di air yang tenang, di angin mendayu,
di perasaan penghabisan segala melaju
Ajal bertakhta, sambil berkata:
“Tujukan perahu ke pangkuanku saja,”

Amboi! Jalan sudah bertahun ku tempuh!
Perahu yang bersama ‘kan merapuh!
Mengapa Ajal memanggil dulu
Sebelum sempat berpeluk dengan cintaku?!

Manisku jauh di pulau,
kalau ‘ku mati, dia mati iseng sendiri.

YANG TERAMPAS DAN YANG PUTUS
kelam dan angin lalu mempesiang diriku,
menggigir juga ruang di mana dia yang kuingin,
malam tambah merasuk, rimba jadi semati tugu
di Karet, di Karet (daerahku y.a.d) sampai juga deru dingin
aku berbenah dalam kamar, dalam diriku jika kau datang
dan aku bisa lagi lepaskan kisah baru padamu;
tapi kini hanya tangan yang bergerak lantang
tubuhku diam dan sendiri, cerita dan peristiwa berlalu beku

PERSETUJUAN DENGAN BUNG KARNO
Ayo ! Bung Karno kasi tangan mari kita bikin janji
Aku sudah cukup lama dengan bicaramu
dipanggang diatas apimu, digarami lautmu
Dari mulai tgl. 17 Agustus 1945
Aku melangkah ke depan berada rapat di sisimu
Aku sekarang api aku sekarang laut

Bung Karno ! Kau dan aku satu zat satu urat
Di zatmu di zatku kapal-kapal kita berlayar
Di uratmu di uratku kapal-kapal kita bertolak & berlabuh

DERAI DERAI CEMARA
cemara menderai sampai jauh
terasa hari akan jadi malam
ada beberapa dahan di tingkap merapuh
dipukul angin yang terpendam

aku sekarang orangnya bisa tahan
sudah berapa waktu bukan kanak lagi
tapi dulu memang ada suatu bahan
yang bukan dasar perhitungan kini

hidup hanya menunda kekalahan
tambah terasing dari cinta sekolah rendah
dan tahu, ada yang tetap tidak terucapkan
sebelum pada akhirnya kita menyerah

SENJA DI PELABUHAN KECIL 
buat: Sri Ajati 
Ini kali tidak ada yang mencari cinta
di antara gudang, rumah tua, pada cerita
tiang serta temali. Kapal, perahu tiada berlaut
menghembus diri dalam mempercaya mau berpaut

Gerimis mempercepat kelam. Ada juga kelepak elang
menyinggung muram, desir hari lari berenang
menemu bujuk pangkal akanan. Tidak bergerak
dan kini tanah dan air tidur hilang ombak.

Tiada lagi. Aku sendiri. Berjalan
menyisir semenanjung, masih pengap harap
sekali tiba di ujung dan sekalian selamat jalan
dari pantai keempat, sedu penghabisan bisa terdekap

EMHA AINUN NAJIB
ANTARA TIGA KOTA 
Oleh : Emha Ainun Najib


di yogya aku lelap tertidur
angin di sisiku mendengkur
seluruh kota pun bagai dalam kubur
pohon-pohon semua mengantuk
di sini kamu harus belajar berlatih
tetap hidup sambil mengantuk

kemanakah harus kuhadapkan muka
agar seimbang antara tidur dan jaga ?

Jakrta menghardik nasibku
melecut menghantam pundakku
tiada ruang bagi diamku
matahari memelototiku
bising suaranya mencampakkanku
jatuh bergelut debu

kemanakah harus juhadapkan muka
agar seimbang antara tidur dan jaga

surabaya seperti ditengahnya
tak tidur seperti kerbau tua
tak juga membelalakkan mata
tetapi di sana ada kasihku
yang hilang kembangnya
jika aku mendekatinya

kemanakah haru kuhadapkan muka
agar seimbang antara tidur dan jaga ?
 
Antologi Puisi XIV Penyair Yogya, MALIOBORO,1997


BEGITU ENGKAU BERSUJUD 
Oleh : Emha Ainun Najib

Begitu engakau bersujud, terbangunlah ruang
yang kau tempati itu menjadi sebuah masjid
Setiap kali engkau bersujud, setiap kali
pula telah engkau dirikan masjid
Wahai, betapa menakjubkan, berapa ribu masjid
telah kau bengun selama hidupmu?
Tak terbilang jumlahnya, menara masjidmu
meninggi, menembus langit, memasuki alam makrifat

Setiap gedung, rumah, bilik atau tanah, seketika
bernama masjid, begitu engkau tempati untuk bersujud
Setiap lembar rupiah yang kau sodorkan kepada
ridha Tuhan, menjelma jadi sajadah kemuliaan
Setiap butir beras yang kau tanak dan kau tuangkan
ke piring ke-ilahi-an, menjadi se-rakaat sembahyang
Dan setiap tetes air yang kau taburkan untuk
cinta kasih ke-Tuhan-an, lahir menjadi kumandang suara adzan

Kalau engkau bawa badanmu bersujud, engkaulah masjid
Kalau engkau bawa matamu memandang yang dipandang
Allah, engkaulah kiblat
Kalau engkau pandang telingamu mendengar yang didengar Allah, engkaulah tilawah suci
Dan kalau derakkan hatimu mencintai yang dicintai Allah, engkaulah ayatullah

Ilmu pengetahuan bersujud, pekerjaanmu bersujud,
karirmu bersujud, rumah tanggamu bersujud, sepi
dan ramaimu bersujud, duka deritamu bersujud
menjadilah engkau masjid
 
1987
 

DARI BENTANGAN LANGIT   
Oleh : Emha Ainun Najib

Dari bentangan langit yang semu
Ia, kemarau itu, datang kepadamu
Tumbuh perlahan. Berhembus amat panjang
Menyapu lautan. Mengekal tanah berbongkahan
menyapu hutan !
Mengekal tanah berbongkahan !
datang kepadamu, Ia, kemarau itu
dari Tuhan, yang senantia diam
dari tangan-Nya. Dari Tangan yang dingin dan tak menyapa
yang senyap. Yang tak menoleh barang sekejap.
 
Antologi Puisi XIV Penyair Yogya, MALIOBORO,1997


DITANYAKAN KEPADANYA 
Oleh : Emha Ainun Najib

Ditanyakan kepadanya siapakah pencuri
Jawabnya: ialah pisang yang berbuah mangga
Tak demikian Allah menata
Maka berdusta ia

Ditanyakan kepadanya siapakah penumpuk harta
Jawabnya: ialah matahari yang tak bercahaya
Tak demikian sunnatullah  berkata
Maka cerdusta ia

Ditanyakan kepadanya siapakah pemalas
Jawabnya: bumi yang memperlambat waktu edarnya
Menjadi kacaulah sistem alam semesta
Maka berdusta ia

Ditanyakan kepadanya sapakah penindas
Jawabnya: ialah gunung berapi masuk kota
Dilanggarnya tradisi alam dan manusia
Maka berdusta ia

Ditanyakan kepadanya siapa pemanja kebebasan
Ialah burung terbang tinggi menuju matahari
Burung Allah tak sedia bunuh diri
Maka berdusta ia

Ditanyakn kepadanya siapa orang lalai
Ialah siang yang tak bergilir ke malam hari
Sedangkan Allah sedemikian rupa mengelola
Maka berdusta ia

Ditanyakan kepadanya siapa orang ingkar
Ialah air yang mengalir ke angkasa
Padahal telah ditetapkan hukum alam benda
Maka berdusta ia

Kemudian siapakah penguasa yang tak memimpin
Ialah benalu raksasa yang memenuhi ladang
Orang wajib menebangnya
Agar tak berdusta ia

Kemudian siapakah orang lemah perjuangan
Ialah api yang tak membakar keringnya dedaunan
Orang harus menggertak jiwanya
Agar tak berdusta ia
Kemudian siapakah pedagang penyihir
Ialah kijang kencana berlari di atas air
Orang harus meninggalkannya
Agar tak berdusta ia

Adapun siapakah budak kepentingan pribadi
Ialah babi yang meminum air kencingnya sendiri
Orang harus melemparkan batu ke tengkuknya
Agar tak berdusta ia

Dan akhirnya siapakah orang tak paham cinta
Ialah burung yang tertidur di kubangan kerbau
Nyanyikan puisi di telinganya
Agar tak berdusta ia
 
1988

DOA SEHELAI DAUN KERING

Janganku suaraku, ya 'Aziz
Sedangkan firmanMupun diabaikan
Jangankan ucapanku, ya Qawiy
Sedangkan ayatMupun disepelekan
Jangankan cintaku, ya Dzul Quwwah
Sedangkan kasih sayangMupun dibuang
Jangankan sapaanku, ya Matin
Sedangkan solusi tawaranMupun diremehkan
Betapa naifnya harapanku untuk diterima oleh mereka
Sedangkan jasa penciptaanMupun dihapus
Betapa lucunya dambaanku untuk didengarkan oleh mereka
Sedangkan kitabMu diingkari oleh seribu peradaban
Betapa tidak wajar aku merasa berhak untuk mereka hormati
Sedangkan rahman rahimMu diingat hanya sangat sesekali
Betapa tak masuk akal keinginanku untuk tak mereka sakiti
Sedangkan kekasihMu Muhammad dilempar batu
Sedangkan IbrahimMu dibakar
Sedangkan YunusMu dicampakkan ke laut
Sedangkan NuhMu dibiarkan kesepian
Akan tetapi wahai Qadir Muqtadir

Wahai Jabbar Mutakabbir
Engkau Maha Agung dan aku kerdil
Engkau Maha Dahsyat dan aku picisan
Engkau Maha Kuat dan aku lemah
Engkau Maha Kaya dan aku papa
Engkau Maha Suci dan aku kumuh
Engkau Maha Tinggi dan aku rendah serendah-rendahnya
Akan tetapi wahai Qahir wahai Qahhar
Rasul kekasihMu maíshum dan aku bergelimang hawaí
Nabi utusanmu terpelihara sedangkan aku terjerembab-jerembab
Wahai Mannan wahai Karim
Wahai Fattah wahai Halim
Aku setitik debu namun bersujud kepadaMu
Aku sehelai daun kering namun bertasbih kepadaMu
Aku budak yang kesepian namun yakin pada kasih sayang dan pembelaan-Mu

Emha Ainun Nadjib Jakarta 11 Pebruari 1999


IKRAR 
Oleh : Emha Ainun Najib

Di dalam sinar-Mu
Segala soal dan wajah dunia
Tak menyebabkan apa-apa
Aku sendirilah yang menggerakkan laku
Atas nama-Mu
Kuambil siakp, total dan tuntas
maka getaranku
Adalah getaran-Mu
lenyap segala dimensi
baik dan buruk, kuat dan lemah
Keutuhan yang ada
Terpelihara dalam pasrah dan setia

Menangis dalam tertawa
Bersedih dalam gembira
Atau sebaliknya
tak ada kekaguman, kebanggaan, segala belenggu
Mulus dalam nilai satu

Kesadaran yang lebih tinggi
Mengatasi pikiran dan emosi
menetaplah, berbahagialah
Demi para tetangga
tetapi di dalam kamu kosong
Ialah wujud yang tak terucapkan, tak tertuliskan

Kugenggam kamu
Kau genggam aku
Jangan sentuh apapun
Yang menyebabkan noda
Untuk tidak melepaskan, menggenggam lainnya
Berangkat ulang jengkal pertama
 
Antologi Puisi XIV Penyair Yogya, MALIOBORO,1997


KETIKA ENGKAU BERSEMBAHYANG 
Oleh : Emha Ainun Najib

Ketika engkau bersembahyang
Oleh takbirmu pintu langit terkuakkan
Partikel udara dan ruang hampa bergetar
Bersama-sama mengucapkan allahu akbar

Bacaan Al-Fatihah dan surah
Membuat kegelapan terbuka matanya
Setiap doa dan pernyataan pasrah
Membentangkan jembatan cahaya

Tegak tubuh alifmu mengakar ke pusat bumi
Ruku' lam badanmu memandangi asal-usul diri
Kemudian mim sujudmu menangis
Di dalam cinta Allah hati gerimis

Sujud adalah satu-satunya hakekat hidup
Karena perjalanan hanya untuk tua dan redup
Ilmu dan peradaban takkan sampai
Kepada asal mula setiap jiwa kembali

Maka sembahyang adalah kehidupan ini sendiri
Pergi sejauh-jauhnya agar sampai kembali
Badan di peras jiwa dipompa tak terkira-kira
Kalau diri pecah terbelah, sujud mengutuhkannya

Sembahyang di atas sajadah cahaya
Melangkah perlahan-lahan ke rumah rahasia
Rumah yang tak ada ruang tak ada waktunya
Yang tak bisa dikisahkan kepada siapapun

Oleh-olehmu dari sembahyang adalah sinar wajah
Pancaran yang tak terumuskan oleh ilmu fisika
Hatimu sabar mulia, kaki seteguh batu karang
Dadamu mencakrawala, seluas 'arasy sembilan puluh sembilan 

Xavi: Peluang Barca ke Final Hampir Mustahil


Nico Arief Jauhari
Xavi mengakui FC Hollywood tampil lebih baik dibanding Barca.
MUNICH, Jaringnews.com - Wakil kapten Barcelona, Xavi Hernandez mengakui kekalahan telak yang diterima timnya dari Bayern Munich. Dia pun menilai peluang Los Azulgrana untuk menembus partai final Liga Champions musim ini hampir mustahil.

The Bavarians meremukkan Barca empat gol tanpa balas pada pertandingan legpertama babak semifinal Liga Champions di Allianz Arena, Rabu (24/4) dinihari WIB.
Thomas Muller memborong dua gol Die Bayern masing-masing di menit ke-25 dan 82. Sementara dua gol lainnya, disumbang Mario Gomez di menit ke-49 dan Arjen Robben di menit ke-73.

Langkah Barca kian berat dalam mewujudkan misi menyabet trofi kelima Liga Champions. Pasalnya, sejak format gol tandang digulirkan UEFA pertama kali di tahun 1965, belum ada tim yang mampu mengejar ketinggalan empat gol pada pertemuan berikutnya.

Xavi mengakui FC Hollywood tampil lebih baik dibanding Barca. Namun, dirinya tetap akan berjuang keras ketika melakoni leg kedua di Camp Nou, 2 Mei mendatang.

"Mereka lebih cepat dibanding kami dan laga ini layaknya pengepungan, kami memang mengharapkan laga berjalan seperti ini. Mereka sangat kuat secara fisik dan lebih baik daripada kami," ujar Xavi seperti dilansir championsleague.ca.

"Mereka lebih kuat dari kami. Saya tak tahu mengapa kami tak menyerang dengan baik. Mereka memiliki pemain-pemain luar biasa seperti (Arjen) Robben dan mereka terlalu mudah melewati kami," ungkap gelandang berusia 33 tahun tersebut.

"Kami Barca dan kami harus berusaha untuk tetap mencapai final. Kami wajib bermain dengan sangat baik. Namun, kami tahu di saat yang sama hal itu hampir mustahil (diwujudkan)," pungkas pria bertinggi badan 170 cm itu.
(Naj / Riz)Sumber: http://jaringnews.com/

Warna dalam bahasa Jerman


Die Farben

hitam
Schwarz
biru
Blau
coklat
Braun
biru tua
Dunkel Blau
putih
weiße
hijau
grün
abu-abu
Grau
merah
 rot
pink
 rosa
Oranye
 orange
ungu
violett 
kuning
 Gelb
perak
Silber
pirus
türkis

Kumpulan Judul Skripsi Pendidikan Agama Islam



1. Faktor-Faktor Penyebab Remaja Putus Sekolah dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Remaja di Leon Desa Tokkonan Kec. Enrekang Kab. Enrekang (Erni)
2. Pengaruh Pendidikan Agama dalam Keluarga terhadap Sikap Keagamaan Siswa SMK Tri Tunggal 45 Makassar (Huzaimah)
3. Toleransi antar umat beragama dan pengaruhnya terhadap Perkembangan Islam di Kec. Sumarorong Kab. Mamasa Sulbar (Rusli)
4. Penerapan Manajemen Pembelajaran Sebagai Usaha Peningkatan Prestasi Belajar Siswa MAN Model Makassar (Suriany)
5. Pengaruh Pemberian Remedial Langsung terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kls. VIII (Nasrullah)
6. Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Remaja Mengikuti Shalat Berjamaah dan Upaya untuk Mengatasinya di Desa Labuaja Kec. Kahu Kab. Bone (Suhaeba)
7. Pentingnya Kompetensi Pedagogik (Sari Yunus)
8. Pandangan Pendidikan Islam terhadap Pemahaman Masyarakat Bugis tentang Pemmali di Desa Samaenre Kec. Bengo Kab. Bone (Syamsia)
9. Kompleksitas Kehidupan Beragama Remaja Studi Kasus Padang Sappa Kec. Pinrang Kab. Luwu (Kasniati)
10. Efektifitas Metode Belajar Advokasi dalam Meningkatkan Minat Belajar terhadap Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1Benteng Selayar (Syaparuddin)
11. Pengaruh Penerapan Metode Mengajar terhadap Daya Serap Bahan Ajar Siswa SMP Neg. 26 Makassar (Henny Anwar)
12. Dampak Perilaku Guru Terhadap Mutu Pendidikan di SMA Negeri 9 Makassar (Muh. Misbahuddin)
13. Problematika Keluarga dan Pengaruhnya Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak di Desa Kampung Baru Kec. Banda Kab. Maluku Tengah (Abrar Johar)
14. Eksistensi Penyuluh Agama Islam dalam Meningkatkan Pengajaran Pengajian Dasar Al-Qur’an pada TPA Ar- Rahaman di Desa Cinennung Kab. Bone (Hermawati)
15. Pengaruh Kepribadian dan Kewibawaan Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Madrasah aliyah Ponpes An- Nahdah Layang UP Makassar (Rustang)
16. Study Kooperatif Efektifitas Antara Metode Revitasi dengan Metode Ceramah Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kls. II SMP Muhammadiyah Makassar (Muslimah Jalaluddin)
17. Korelasi Antara Tingkat Kesejahteraan dengan Kesadaran Mengajar Guru di Madrasah Aliyah Ma’had DDI Pangkajene Sidrap (Muh. Anwar S.)
18. Studi Tentang Metode Pembinaan Aqidah Islam pada Anak-Anak Cacat di SLB Pembina Tingkat Propinsi Sulawesi Selatan (Hasmawati)
19. Sikap Pesimis Remaja Putus Sekolah di Desa Kabiraan Kec. Ulumanda Kab. Majene dan Cara Mengatasinya Menurut Konsep Pendidikan Islam (Muh. Firdaus)


Skripsi Tarbiyah Pendidikan Agama Islam Bagian 7

1. PENGARUH STRATEGI CRITICAL INCIDENT (PENGALAMAN PENTING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs. ____________
2. KONSEP PENDIDIKAN INTEGRAL PERSPEKTIF PEMIKIRAN PENDIDIKAN MUHAMMAD NATSIR
3. KORELASI MODEL PEMBELAJARAN OUT BOUND TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN AQIDAH AKHLAK DI SD ____________
4. PENGARUH KOMITE SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN BAKAT SISWA PADA BIDANG STUDI AL-QUR`AN HADITS DI MIN ____________
5. PERAN GURU PAI DALAM MENANGGULANGI KEMEROSOTAN MORAL SISWA KORBAN MIRAS DI MAN ____________
6. URGENSI AKTIVITAS KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG KONSEP DIRI PENDERITA KUSTA DI DESA ____________
7. PENGARUH PENGGUNAAN METODE PUMPING STUDENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA DI SMP NEGERI ____________
8. PENGARUH IMPLEMENTASI THE LEARNING CELL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS XI IPA SMA ____________
9. ENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NON-DIRECTIVE TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTsN ____________
10. PENGARUH STRATEGI SPIRITUAL TEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP ____________
11. NISIATIF GURU AGAMA DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMA NEGERI ____________
12. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER PADA MATERI PAI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI ____________
13. PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AKHLAK DAN UPAYA MENGATASINYA DI MADRASAH ALIYAH ____________
14. PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN AL QUR`AN DI MA’HAD ____________
15. IMPLEMENTASI METODE TEAM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS 6 DI SDN ____________
16. PENDEKATAN BELAJAR KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) (PERSPEKTIF VYGOTSKY)
17. HUBUNGAN ANTARA HAFALAN AL-QUR`AN (JUZ `AMMA) DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA BIDANG STUDI AL-QUR`AN HADITS DI MAN ____________
18. STUDI KORELASI TEORI BELAJAR SIBERNETIK DALAM EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP ____________
19. KONSEP METODE PENDIDIKAN ISLAM (STUDI PEMIKIRAN PROF. DR. H.M. QURAISH SHIHAB, MA)
20. PROFESIONALISASI GURU PAI MELALUI JALUR PENDIDIKAN PROFESI GURU
21. KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MAHMUD YUNUS
22. UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI ____________
23. APLIKASI METODE DISKUSI BUZZ GROUP DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA ____________
24. PENGARUH PENERAPAN METODE BELAJAR RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI KELAS IX DI SMP NEGERI ____________
25. UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI GANGGUAN BELAJAR SISWA ADHD DI SDN ____________
26. MPLEMENTASI MODEL DESAIN SISTEM INSTRUKSIONAL BERORIENTASI PENCAPAIAN KOMPETENSI (DSI-PK) PADA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA ____________
27. HUMANISASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF ABDUL MUNIR MULKHAN
28. PENGARUH IMPLEMENTASI PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES TERHADAP PEMBELAJARAN BIDANG STUDI FIKIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) ____________
29. IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN READING ALOUD DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PAI DI SD ____________
30. PENGARUH METODE BEYOND CENTRES AND CIRCLES TIME (BCCT) TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DI PLAY GROUP ____________
31. KONSEP PENDIDIKAN ANAK SHOLEH PERSPEKTIF ABDULLAH NASHIH ULWAN
32. PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP DAYA SERAP SISWA PADA BIDANG STUDI PAI DI SDN ____________
33. PERAN PANTI ASUHAN YATIM DARUL HIKMAH SURABAYA DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM ANAK ASUHNYA
34. PENGARUH STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM ____________
35. PERANAN PROGRAM STUDENTS EXCHANGE (PERTUKARAN PELAJAR) DALAM MENDUKUNG PROGRAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) DI SMA ____________
36. PENGARUH METODE IBRAH MAUIZAH TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ____________
37. HUBUNGAN AKTIVITAS MAJLIS MUALLIMIL QUR’AN DENGAN KOMPETENSI GURU TK-SD PLUS QIRAATI DI ____________
38. PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN LISTENING TEAM TERHADAP MINAT BELAJAR S1SWA PADA MATERI PAI DI SD ____________
39. PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN FIQIH SISWA KELAS X DAN XI DI MAN ____________
40. EFEKTIVITAS PENGAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XII IPA-1 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN ____________
41. EFEKTIFITAS METODE CERAMAH PLUS DEMONSTRASI DAN LATIHAN (CPDL) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI ____________
42. UPAYA GURU AGAMA DALAM MEMBANGUN KOMPETENSI BERAGAMA SISWA DI SMA ____________
43. DAMPAK LINGKUNGAN BERGAUL TERHADAP AKHLAK BERBICARA ANAK ASUH YAYASAN PENDIDIKAN DAN PENYANTUN ANAK YATIM ____________
44. STUDI KORELASI PEMBELAJARAN PKB (PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI____________
45. FUNGSI SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di SMA Negeri ____________)
46. IMPEMENTASI METODE SUPER MEMORY SYSTEM DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI MA ____________
47. PENGARUH PROGRAM PEMBERANTASAN BUTA AKSARA DENGAN METODE PENDEKATAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL TERHADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN WARGA BELAJAR PADA BIDANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ____________
48. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR ANAK DISLEKSIA DENGAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORIAL, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN ____________
49. KORELASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN AL-QUR'AN HADITS DI MTs ____________
50. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIMES DALAM MEMBANGUN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI R.A ____________
51. PENGARUH KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) TERHADAP PRESTASI SISWA DI SDN ____________
52. EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN REHEARSAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS DI MI ____________
53. KONSEP KESETARAAN GENDER PERSPEKTIF R.A. KARTINI DALAM PENDIDIKAN ISLAM
54. MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PROF. DR. AZYUMARDI AZRA. MA
55. STRATEGI GIVING QUESTIONS AND GE TTING ANSWER DALAM MEMBENTUK KO GNITIF ANAK PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ____________
56. KORELASI SHALAT DLUHA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH ____________
57. INOVASI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI ALTERNATIF PEMENUHAN TUNTUTAN MASYARAKAT(SOCIAL DEMAND) DI SMP ____________
58. PENERAPAN PROGRAM KELAS UNGGULAN DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI ____________
59. PEMANFAATAN PUSAT SUMBER BELAJAR (PSB) DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI (SMP) ____________
60. KORELASI ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK PAIRED STORYTELLING DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTs ____________
61. EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI BELAJAR METAKOGNITIF DALAM MENINGKATKAN METACOMPREHENSION SISWA PADA MATERI FIQIH KELAS X DI SMA ISLAM ____________
62. IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI GIFTED CHILD (ANAK BERBAKAT) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI ____________
63. PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS IX SMP ____________
64. KONSEP PROPHETIC INTELLIGENCE (KECERDASAN KENABIAN) PERSPEKTIF HAMDANI BAKRAN ADZ-DZAKIEY (STUDI ANALISIS KURIKULUM PAI DI SMA)

Skripsi Tarbiyah Pendidikan Agama Islam Bagian 6


1. PERANAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDY PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SDN ____________
2. EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA BIDANG STUDI PAI DI SMPN ____________
3. KEEFEKTIFAN STRATEGI BELAJAR THE POWER OF TWO DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS ____________
4. PERAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA ____________
5. PERANAN AKTIVITAS PEMUDA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM NON FORMAL DI ____________
6. EFEKTIFITAS PENERAPAN STRATEGI GENIUS LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH ____________
7. Telaah Konsep Pendidikan Akhlak Prespektif Miftahul Luthfi Muhammad.
8. Implementasi Metode KWL (Know-Want To Know-Learned) Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri ____________
9. EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI BINGO REVIEW DALAM MENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS. ____________
10. konsep belajar konstruktivisme Jean Piaget dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam
11. EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN COMPUTER ASSISTED LEARNING (CAL) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI MAWARIS DI SMK TI ____________
12. implementasi strategi Think, Talk, Write dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al-Islam di SMK TI ____________
13. Pengaruh implementasi Strategi index card match (mencocokkan kartu index) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri ____________
14. PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN ____________
15. Analisis Konsep Filsafat Pendidikan Perenialisme dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam.
16. Implementasi Konsep Pengembangan Kurikulum Terintegrasi (Integrated Curriculum) di SMP ____________
17. Pola Pembentukan Karakter Anak Melalui Pendidikan Ramah Anak dalam Perspektif PAI
18. Efektivitas Strategi Biosmart dalam upaya meningkatkan kreatifitas siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMU Negeri ____________
19. Studi Komparasi PrestasiBelajar Siswa Dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang menggunakan dan tidak menggunakan strategi pembelajaran generatif di SMA ____________
20. Pengaruh Contingent Praise terhadap motivasi belajar Qur’an Hadist di MA ____________
21. STUDI KOMPARASI KEBERHASILAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN DAN TIDAK MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN BILLBOARD RANKING DI SMA NEGERI ____________
22. PENGARUH EVALUASI MODEL MATCHING TERHADAP PENGUKURAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ____________
23. IMPLEMENTASI KONSEP HUMANISME RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA NEGERI ____________
24. Pengaruh Shalat Dhuha Terhadap Ketenangan Jiwa Siswa SMA Negeri ____________
25. Urgensi Entering Behavior Dalam Proses Pembelajaran Bidang Studi Fiqih Di Mts ____________
26. KORELASI PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING DENGAN BELAJAR EFEKTIF BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP ____________
27. KONSEP PEMBELAJARAN MENURUT JEROME S BRUNER DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KARYA MUHAIMIN
28. PERAN PENDEKATAN MATEMATIKA AKHLAK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA BIDANG STUDI AKHLAK DI MIN____________
29. IMPLEMENTASI METODE TAKRIR DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN MADRASATUL ____________
30. URGENSI BELAJAR MANDIRI (SELF MOTIVATED LEARNING) DALAM MEMAHAMI MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI FKIP JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS ____________
31. PERANAN TAMAN PENDIDIKAN ISLAM ROUDLOTUL KHOIR DALAM MEMBENTUK AKHLAQ ANAK WISMA DI KAWASAN LOKALISASI ____________
32. EFEKTIVITAS STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE (MENGHIDUPKAN SUASANA BELAJAR) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDY PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA ____________
33. PENGARUH MEODE QUICK ON THE DRAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA BIDANG STUDI FIQIH DI SMP ISLAM ____________
34. EFEKTIFITAS PENDEKATAN PUMPING STUDENT TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMPN ____________
35. ANALISI VALIDITAS PENILAIAN SIKAP PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI ____________.
36. PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISTANCE LEARNING (BJJ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA ____________UNTUK SISWA KELAS XI
37. ANALISIS KISAH-KISAH INTERAKSI EDUKATIF DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN
38. IMPLEMENTASI PENGELOLAAN KELAS EFEKTIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MA UNGGULAN ____________
39. STUDI KOMPARASI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM MATERI FIQIH MENGGUNAKAN DAN TIDAK MENGGUNAKAN MODEL PENGAJARAN ADVOKASI DI MAN ____________
40. PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH) TERHADAP KECAKAPAN BERPIKIR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI SMP PLUS ____________
41. PENDIDIKAN ANTIKORUPSI ( TELAÁH ASPEK PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) ATAS PENDIDIKAN ANTIKORUPSI )
42. PENGARUH PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN FLANNEL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN HURUF HIJAIYAH PADA SISWA DI TK ISLAM ____________
43. IMPLEMENTASI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA ____________
44. EFEKTIFITAS METODE DISKUSI KELAS MODEL “FISH BOWL” TERHADAP PENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKHLAK DI MTs. ____________
45. TELAAH KONSEP NASIONALISME PENDIDIKAN SOEKARNO DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA
46. EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE IMAGE STREAMING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAQ SISWA KELAS XII SMA ISLAM ____________
47. EFEKTIFITAS STRATEGI GUIDED NOTE TAKING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF BIDANG STUDI FIQIH SISWA KELAS VIII SMP ____________
48. KUALITAS PROSES PENDIDIKAN TERHADAP TINGKAT KEBERHASILAN SISWA
49. ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS BUTIR SOAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SLTPN ____________
50. EFEKTIFITAS TEORI SUCCESSFUL INTELLIGENCE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI DI SDN ____________
51. PERAN METODE BUZZ GROUP (DISKUSI KELOMPOK KECIL) DALAM MEMBANGKITKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI ____________
52. EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZTION) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI ____________
53. EFEKTIVITAS SISTEM PENDIDIKAN GAYA BANK TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI AL-QUR’AN HADITS DI MTs. ____________
54. KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MUHAIMIN
55. EFEKTIFITAS EVALUASI MODEL CIPP (CONTEXS, INPUT, PROSESS, PRODUCT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN ISLAM DI SD____________
56. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP NEGERI ____________
57. PENGARUH METODE RESITASI MELALUI WORLD WIDE WEB TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI SISWA KELAS X DI SMAN ____________
58. ANALISIS KONSEP PENDIDIKAN ISLAM AL-MAWARDI DALAM KITAB ADAB AD-DUNYA WA AD-DIN
59. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE “MAKE A MATCH” TERHADAP KECEPATAN PEMAHAMAN SISWA BIDANG STUDY PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN ____________
60. EFEKTIFITAS METODE ROTE LEARNING DALAM ILMU TAJWID UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN MEMBACA AL- QUR’AN DENGAN BAIK DAN BENAR DI SMA NEGERI 2 KOTA ____________
61. URGENSI MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATION LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN NILAI DEMOKRATIS PADA MATA PELAJARAN AL-ISLAM DI SD ____________
62. SISWA MUALLAF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA ____________
63. PERANAN MEDIA LABORATORIUM KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA ____________
64. PENGARUH METODE ANDRAGOGI TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI DI SMA ISLAM ____________
65. EFEKTIVITAS PENDEKATAN MINDFUL LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA ____________
66. ANALISIS PERATURAN MENTERI AGAMA (PERMENAG) RI NO. 2 TAHUN 2008 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI ____________
67. EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE OPERANT DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI DI SMK NEGERI ____________
68. STUDI KOMPARASI ANTARA GURU YANG BELUM SERTIFIKASI DENGAN GURU SUDAH SERTIFIKASI TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI UPTSP (UNIT PELAKSANA TEKNIS SATUAN PENDIDIKAN) UPTSP SMP NEGERI ____________
69. KONSEP KURIKULUM PROGRESIVISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM
70. PENGARUH PENDEKATAN STOP THINK DO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII C DI SMP ____________

Skripsi Tarbiyah Pendidikan Agama Islam Bagian 5


1. EFEKTIFITAS STRATEGI BELAJAR PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDY FIQIH KELAS V DI MI NEGERI ____________
2. PENGARUH PENERAPAN TEORI PEMBIASAAN PERILAKU RESPON (OPERANT CONDITIONING) B.F. SKINNER DALAM PEMBELAJARAN TAJWID TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI TPQ ____________
3. IMPLEMENTASI AKTIVITAS PEMBELAJARAN OUTBOUND DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI PLAY GROUP ____________
4. UPAYA SEKOLAH OVERLOAD DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SISWA PADA MATERI QUR’AN HADITS DI MTS ____________
5. PERAN PIMPINAN KOMISARIAT IKATAN PELAJAR NAHDLOTUL ULAMA – IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDLOTUL ULAMA DALAM MENUNJANG HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA ____________
6. EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI ____________
7. STIGMA MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH TENTANG AKTUALISASI MORAL PEKERJA TEATER (STUDI KASUS DI UKM ____________
8. IMPLEMENTASI SISTEM PENDIDIKAN INKLUSI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI MI ____________
9. IMPLEMENTASI METODE SKIMMING DALAM PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ____________
10. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KUASAI DALAM MENGEFEKTIFKAN DAYA INGAT PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ____________
11. PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI ____________
12. KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF MUHAMMAD QUTHB DAN PROF. DR. HJ. ZAKIAH DARADJAT
13. PEMIKIRAN PENDIDIKAN PRESPEKTIF IKHWAN AL SAFA
14. KONTRIBUSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU “ LA TAHZAN” KARYA ’AIDH AL-QARNI TERHADAP PERKEMBANGAN JIWA REMAJA
15. KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN ANTISIPATORIS MOCHTAR BUCHORI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
16. EFEKTIFITAS STRATEGI PEER LESSONS DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI ____________
17. PENERAPAN KONSEP PEMBELAJARAN HOLISTIK UNTUK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( Studi Kasus Pada Materi Fiqh di SMA ____________)
18. STUDI KORELASI ANTARA KOMPETENSI GURU DENGAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI ____________
19. HUBUNGAN BURUH WANITA DALAM MEMBAGI WAKTUNYA ANTARA KELUARGA DENGAN BEKERJA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ANAK DI ____________
20. PENGEMBANGAN ICT (INFORMATION COMMUNICATION OF TECHNOLOGY) INTERNET UNTUK MENGAKSES INFORMASI SECARA CEPAT DAN INTEGRAF DI SMKN 1 ____________
21. KORELASI ANTARA KEDISIPLINAN DI SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI ____________
22. SIGNIFIKANSI PENGELOLAAN KELAS DALAM UPAYA MENGATASI KENAKALAN SISWA (STUDI KASUS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) ____________)
23. PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM SISTEM PENJAMINAN MUTU DI SEKOLAH DASAR ____________
24. PENGARUH IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 : 2000 TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI ____________
25. KENDALI MUTU PENDIDIKAN MELALUI PENINGKATAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN ____________
26. STRATEGI PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN BERTARAF INTERNASIONAL (STUDI KASUS DI SMA ____________
27. DAMPAK MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING (PEMBELAJARAN YANG DIPERCEPAT) TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN QUR’AN HADITS PADA KELAS VIII MTS ____________JOGOROTO JOMBANG
28. PARADIGMA PROGRESSIVISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM: KONSEP MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN ISLAM LIBERAL
29. Implementasi Taksonomi Bloom Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Untuk Membentuk Prilaku Teladan Siswa (Studi Kasus di SMK ____________)
30. HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR ANAK KELUARGA PEMULUNG DI ____________
31. KORELASI PENERAPAN PERMAINAN TIC TAC TOE BERBASIS KOMPUTER DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA ISLAM ____________
32. HUBUNGAN EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) DENGAN KEMAMPUAN GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MORAL KEAGAMAAN SISWA DI SMA ____________
33. MASYARAKAT DAN MADRASAH ( STUDI TENTANG PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP MADRASAH DI ____________
34. PENGARUH METODE METAFORA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAQ KELAS IV DI MI ____________
35. PENDIDIKAN SEKS UNTUK REMAJA DALAM PERSPEKTIF KYAI DI ____________
36. Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an melalui metode Jibril bagi santri Tanfizhul Qur’an di Pondok Pesantren ____________
37. PENGARUH STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI FIQIH DI MTs ____________
38. EFEKTIFITAS EVALUASI MODEL COUNTENANCE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI ____________
39. ANALISIS KONSEP PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF PROF. DR. H. MUHAIMIN, MA. MENUJU MASYARAKAT MADANI
40. Pengaruh Metode Assesment Search (Menilai Kelas) terhadap Keberhasilan Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri ____________
41. Implementasi Prinsip Belajar Law Of Exercise Perspektif Edward Lee Thorndike dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X-11 Pada Pembelajaran Al-Islam di SMA ____________
42. EFEKTIFITAS PENGAJARAN BERPROGRAMA (LEARNING PROGRAM) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA BIDANG STUDI PAI DI SMP NEGERI ____________
43. PENGARUH STRATEGI PAIKEMI (PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, MENYENANGKAN DAN ISLAMI) PADA PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBENTUK NORMA RELIGIUS SISWA DI SMA ____________
44. Konsep al – Qur’an tentang Kompetensi Guru (Studi Analisis Tematik Surat al – Qalam Ayat 1 – 4)
45. ANALISIS PEMBARUAN PENDIDIKAN MADRASAH PERSPEKTIF A. MALIK FADJAR
46. Efektivitas Strategi Reading Guide (Panduan Membaca) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sejarah Kebudayaan Islam di Mts ____________
47. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JURISPRUDENTIAL INQUIRY PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ____________
48. Aplikasi Tehnik Futuristics dalam Pengajaran Untuk Meningkatkan Kreativitas Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Islam di SMA ____________
49. IMPLEMENTASI MEDIA BLOG DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DI MADRASAH ALIYAH ____________
50. Pengaruh Majelis Ta’lim Terhadap Peningkatan Religiusitas Masyarakat Desa ___
51. PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP DAYA SERAP SISWA PADA BIDANG STUDI PAI KELAS VII DI SMPN 1 KAMAL

Senin, 22 April 2013

Sertifikasi Guru TIK tahun 2013



Informasi terbaru terkait pelaksanaan uji kompetensi guru tahun 2013. Seperti info yang didapat bahwa bagi guru yang mengampu mata pelajaran (mapel) TIK tetap bisa mengikuti uji kompetensi dan sertifikasi tahun 2013, yang tentunya dengan mengikuti aturan dan prosedur yang telah ditetapkan.


Hal ini didasarkan pada surat yang diterbitkan BPSDMPK-PMP melalui Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Nomor 06302/J2/LL/2013 tertanggal 4 April 2013 tentang Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru Tahun 2013, yang ditujukan untuk Kepala LPMP dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Surat ini merupakan tindak lanjut dari surat sebelumnya nomor 05503/J2/LL/2013 tanggal 22 Maret 2013 tentang Perubahan Jadwal Pelaksanaan Uji Kompetensi Tahun 2013.

Berikut kutipan dari isi surat tersebut.

1. Terkait dengan rencana penataan perubahan struktur kurikulum 2013 yang implementasinya akan dilaksanakan tahun 2013, mata pelajaran TIK tetap akan diikutsertakan dalam uji kompetensì tahun 2013 mengikuti ketentuan sebagai berikut:

a. Bagi yang memilìki ijazah Sl TIK dapat mengikuti uji kompetensi dan sertifikasi bidang studi TIK sesuaì dengan kebutuhan di sekolah masìng-masìng dengan tetap mempertimbangkan ketersedíaan beban kerja 24 jam.

b. Dapat mengìkuti uji kompetensì dan sertifikasi TIK di jenjang SMK yang memiliki bidang studi keahlian Tekhnologi Informasi dan Komunikasi sesuai dengan kebutuhan dengan tetap mempertimbangkan ketersediaan beban kerja 24 jam.

c. Bagi yang mengajar TIK tetapi memiliki ijazah Sl yang bukan TIK dìsarankan untuk mengikuti uji kompetensi dan sertifìkasì sesuaì dengan program studi pada ìjazah Sl dengan tetap mempertimbangkan ketersediaan beban kerja 24 jam.

Selengkapnya isi surat tersebut dapat dilihat dan unduh di tautan ini.

Semoga bermanfaat.

Ternyata, nama asli Ibu Kartini adalah Harum


R.A Kartini atau Raden Adjeng Kartini atau dikenal juga dengan Raden Ayu Kartini merupakan tokoh pelopor kebangkitan perempuan pribumi. Berkat perjuangan dan kegigihannya, Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional Indonesia, sekaligus menetapkan tanggal 21 April yang merupakan hari lahir Kartini, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini.


Lirik Lagu Ibu Kita Kartini - Lagu Wajib Nasional
(Ciptaan : W.R. Supratman)

Ibu kita Kartini
Putri sejati
Putri Indonesia
Harum namanya

Ibu kita Kartini
Pendekar bangsa
Pendekar kaumnya
Untuk merdeka

Wahai ibu kita Kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia

Ibu kita Kartini
Putri jauhari
Putri yang berjasa
Se Indonesia

Ibu kita Kartini
Putri yang suci
Putri yang merdeka
Cita-citanya

Wahai ibu kita Kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia

Ibu kita Kartini
Pendekar bangsa
Pendekar kaum ibu
Se Indonesia

Ibu kita Kartini
Penyuluh budi
Penyuluh bangsanya
Karena cintanya

Wahai ibu kita Kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia

Berdasarkan lagu ciptaan W.R. Supratman di atas, baru saya sadari ternyata nama asli Ibu Kartini adalah "Harum". :)

Sabtu, 20 April 2013

Tunjangan Guru Cair April

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjamin tunjangan guru akan cair pada 9 hingga 16 April ini.

Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, tunjangan guru yang akan dibayar pada tanggal itu adalah tunjangan profesi bagi guru non PNS dan tunjangan bagi guru non sertifikasi. Kemendikbud juga akan membayari tunjangan khusus bagi guru yang bekerja di daerah Terpencil, Terluar dan Terdepan (3T). Tunjangan yang akan segera cair ini juga akan dibayar kepada guru yang sedang mengambil gelar Strata 1 (S-1) dan Diploma 4 (D-4).


Dia menjelaskan, tunjangan ini dapat dicairkan karena termasuk ke dalam anggaran yang dikendalikan penuh oleh Kemendikbud. Oleh karena itu selain dana tunjangan guru, maka dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pun akan dicairkan di tanggal tersebut. "Maksimal minggu depan itu batas waktu semua tunjangan guru sudah mulai dicairkan," jelas Nuh.


Dia menjelaskan, tunjangan guru itu dibayar per tiga bulan. Namun pemerintah baru dapat membayarkan April ini karena kemarin anggaran tersebut masih dibintangi Kementerian Keuangan. Namun Kemendikbud pun melobi Kemenkeu agar tunjangan guru, BOS, BO PTN, dana UN dan Bantuan Siswa Miskin (BSM) diturunkan segera. Pasalnya, kelimanya adalah program utama yang dananya harus segera dimanfaatkan oleh masyarakat.


Dia menjelaskan, mulai tahun ini Rp7,6 triliun tunjangan guru sepenuhnya disalurkan melalui pemerintah pusat. Sebelumnya, tahun lalu, Rp5,7 triliun tunjangan guru disalurkan melalui sistem dekonsentrasi. Anggaran tersebut dialokasikan bagi 629.044 guru. Jumlahnya meningkat dibandingkan dengan tahun lalu, yakni 610.685 guru. 


Dari anggaran tersebut, sebagian anggaran digunakan untuk tunjangan fungsional guru non PNS daerah atau guru swasta dan yang belum   mendapatkan tunjangan profesi karena belum sertifikasi. "Alasan ditariknya anggaran fungsional ke pusat supaya efektif. Tahun lalu penyalurannya sering terlambat. Oleh karena itu, (sekarang) ke pusat supaya lebih efektif," terang mantan menkominfo ini.


Mendikbud menyebutkan, pada tahun ini 321 ribu guru akan menerima tunjangan fungsional tersebut. Jumlah ini berkurang dari tahun lalu sebanyak 339.573 guru. Menurut Mendikbud, penurunan jumlah penerima tunjangan ini karena sebagian guru swasta telah mendapatkan tunjangan sertifikasi. "Tunjangan fungsional diberikan kepada guru yang belum sertifikasi," jelasnya.(Neneng Zubaidah/Koran SI/rfa)

Stop UN !

Sampai kapan praktik kotor dalam dunia pendidikan ini akan berakhir? UN (Ujian Nasional) telah menjadi virus pembusukan dunia pendidikan nasional. Dan bila UN terus dipertahankan dengan segala argumentasinya kehancuran dunia pendidikan akan berjalan secara meyakinkan.

Carut-marut distribusi soal UN tingkat SMA sederajad adaah fragmen kecil yang akan mendegradasi pendidikan moral anak-anak bangsa negeri ini. Yang paling membuat miris adalah, penghancuran nilai yang sedang dipertontonkan oleh praktisi pendidikan. Kecurangan UN yang tersaji secara vulgar di depan anak-anak bangsa akan tersimpan dalam memori mereka dalam rentang waktu yang panjang.

Pilihan untuk turut dalam pusaran praktik kebohongan dan kecurangan sering menjadi pilihan yang menyulitkan bagi sebagian pelaku pendidikan di lapangan. Seorang kepala sekolah dan guru kerap merasa dalam tekanan ketika berusaha menegakkan idealisme.

Kasus kecurangan dan kelalaian penyelenggaraan Ujian Nasional masih marak terjadi di Jakarta. "Laporannya banyak sekali yang masuk ke kami dari Jakarta," kata Sekretaris Jenderal Forum Serikat Guru Indonesia, Retno Listyarti, Selasa, 16 April 2013.

Itulah fakta yang terjadi, pertanyaannya: masihkah Kemdikbud akan mati-matian terus berusaha berargumentasi tentang pentingnya eksistensi UN? UN sebagai alat kelulusan telah mengintervensi kewenangan guru dan sekolah untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran.


Untuk mengakhiri tulisan ini, kita simak puisi tentang UN di bawah ini :



Usaha dan perjalanan 3 tahun tlah kau tukar dengan 4 hari yang menakutkan
Jujur kau tuntut kepada anak-anak kami sementara tiap hari pertontonkan kedustaan
Impian pendidikan yang maju kau bedaki dengan lulur yang bermerek UNAS
Andaikan kau berbesar hati dan tak pernah menganggap kalah
Noda dan dusta mungkin tak akan lagi terpampang dalam lakon edukasi

Nuh, jangan engkau bawa perahu ini ke pulau karang yang akan membuatnya berkeping-keping
Arahkan perahu ini pada lautan budi pekerti yang bertabur ilmu
Sirnakan ketakutan massal ini, agar bunga ini mekar tanpa bimbang
Ijinkan kami membuat mereka tumbuh sewajarnya
Obati luka parah ini dengan amputasi
Nanti kau akan lihat indah negeri ini 20 tahun lagi
Atau kalau tidak, topeng dan kebohongan akan terus bersama anak negeri ini
Lihatlah perubahannya bila kau segera menghentikannya


Aplikasi Pembaca Barcode Di Perangkat Android


Ujian Nasional tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Salah satunya adalah naskah soal dan Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) menggunakan barcode. Dengan barcode ini sebenarnya meringkankan kerjaan pelajar, karena mereka tidak harus menulis kode naskah lagi. Tapi banyak yang khawatir antara soal naskah dan Lembar Jawaban Ujian Nasional tertukar. Karena human error itu bisa saja terjadi terutama bagi petugas yang menyusun naskah soal Ujian Nasional. 



Nah untuk mengatasi hal tersebut ada baiknya Anda menggunakan aplikasi yang bisa membaca barcode yang ada di naskah soal atau Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN). Dari beberapa aplikasi yang ada di Google Play ada satu aplikasi yang sudah terbukti oleh penulis memiliki kemampuan sangat cepat untuk membaca barcode pada naskah soal Pra Ujian Nasional atau Lembar Jawaban Ujian Komputer (LJK) dengan waktu tidak lebih dari 30 detik. Aplikasi pembaca Barcode di perangkat Android tersebut adalah Barcode Scanner

Berikut langkah-langkah menggunakan barcode scanner di perangkat Android

  1. Download Barcode Scanner di Google Play ke perangkat Android Anda disini
  2. Instal aplikasi tersebut di perangkat Android anda. 
  3. Buka Aplikasi Barcode Scanner lalu arahkan kamera Android anda ke Barcode 
  4. Lalu scan barcode tersebut 
  5. Tidak berapa lama hasilnya akan muncul di layar perangkat Android anda. 
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.